Ketua PCNU Babat Bimbing Seorang Muallaf Masuk Islam

Muallaf di PCNU Babat

KH. Ma'mun Afandi menyerahkan Sertifikat Memeluk Agama Islam. Foto (istimewa)

Kantor PCNU Babat yang berada di jalan Raya Babat-Surabaya No. 9 desa Tritunggal menjadi istimewa ketika Ketua Tanfidziyah PCNU Babat KH. Ma’mun Afandi membimbing seorang muallaf mengikrarkan dua kalimat syahadat pada Ahad 3 Juli 2022.

Kali ini yang dibimbing masuk Islam oleh Gus Ma’mun adalah seorang warga asal Surabaya, Sudarmi. Sebelum mengikrarkan kalimat syahadat, calon muallaf mengaku dengan sungguh-sungguh bahwa, memeluk agama Islam dengan hati yang ikhlas tanpa adanya pemaksaan dari pihak manapun.

Acara pembacaan ikrar dua kalimat syahadat berlangsung menjadi khidmat karena turut disaksikan oleh Rais Syuriyah PCNU Babat KH. M. Mustaqim, Katib Syuriyah PCNU Babat KH. Nur Hidayat S.Ag., M.M.Pd., Sekretaris PCNU Babat Bapak Heru Mudianto, S.Ag., M.Pd., komisaris RSNU Babat Bapak H. Aris Fiyanto, S.Sos., M.M., juga beberapa pengurus PCNU yang hadir.

Pada kesempatan tersebut Gus Ma’mun bersyukur dan berbahagia, beliau mengatakan bahwa sebenarnya banyak wagra non muslim di Indonesia khususnya, menjadi mualaf dan memilih mengikrarkan syahadatnya melalui bimbingan kiai NU.

“Alhamdulillah hari ini kita bertambah saudara seiman yang baru. Ikrar syahadat berjalan khidmat dan disaksikan keluarga besar PCNU Babat. Semoga senantiasa mendapat hidayah dan keberkahan” ucapnya.

Dijelaskan, kantor PCNU Babat menggelar prosesi pembacaan kalimat syahadat bagi warga Surabaya kali ini sebagai tanda bahwa PCNU Babat tidak membatasi diri, bukan hanya warga Babat saja yang bisa mengucapkan ikrar syahadat. Siapapun dan dari mana saja asalnya, PCNU Babat siap membimbing seorang menjadi muallaf sesuai tuntunan syariat agama Islam.

Setelah ikrar syahadat selesai, Sudarmi yang resmi menjadi seorang muallaf diberikan sertifikat memeluk agama Islam untuk keperluan administrasi.

Laporan: Achmad Farid Ali Irsyadi I NUBC