Gus Ma’mun Terkesan El Burdah Bariklana Tour

Gus Ma’mun Terkesan El Burdah Bariklana Tour

Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Babat KH. Ma’mun Afandi terkesan dengan El Burdah Bariklana Tour, perusahaan yang memiliki izin resmi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Kesan itu disampaikan Gus Ma’mun, dalam acara Dzikro Maulid Nabi Muhammad SAW dan Grand Launching El Burdah Bariklana Tour di Gedung Islamic Center Jl. Panglima Polim No. 54, Sumbang, Bojonegoro, 17 Oktober 2022.

El Burdah Bariklana Tour merupakan brand dari PT. Bariklana Burdah Nusantara. Kantor pusatnya berada di Bojonegoro dengan beberapa perwakilan di sejumlah daerah, salah satunya di Babat, Lamongan.

Gus Ma’mun merasa bangga sekali ketika ada kader NU yang ikut berjuang dan berkhidmah kepada umat, khususnya travel umrah dan haji plus yang sejatinya adalah melayani para tamu Allah yang hendak melaksanakan ibadah ke tanah suci Mekah dan Madinah.

“Saya kaget, karena Mas H. Abdullah Mufid Mubarok selama khidmah di Nahdlatul Ulama yang kami amanahi di RMI PCNU Babat tidak pernah bercerita tentang biro travel ini. Tidak pernah membahas tentang usaha travel umrah kepada kami dan pengurus PCNU Babat yang lain. Padahal, tadi dalam sambutannya, travel umrah dan haji plus sudah ada sejak tahun 2020,” ujar Gus Ma’mun.

Sambutan Gus Ma’mun merupakan apresiasi juga himbauan kepada seluruh kader-kader NU dimanapun berada, bahwa ketika berkhidmah di Nahdlatul Ulama harus dengan hati yang ikhlas dan tanpa ada tujuan lain yang memanfaatkan NU. Murni meneruskan perjuangan para ulama.

“Lebih kaget lagi, tadi juga disampaikan bahwa pada tanggal 22 Oktober bersamaan dengan Hari Santri Nasional 2022 besok, travel El Burdah Bariklana Tour memberangkatkan 73 jamaah umrah,” kata Gus Ma’mun memberikan kesannya.

Di akhir sambutan, Gus Ma’mun memberikan pesan kepada travel umrah Elburdah Bariklana Tour agar terus memaksimalkan pelayanan dan fasilitas kepada para tamu Allah dan juga mengikuti intruksi dan arahan dari Kemenag Bojonegoro dan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur terkait administrasi dan tata kelola travel yang baik sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya yakin bahwa berkhidmah yang baik kepada jamaah haji dan umrah yang merupakan tamu-tamunya Allah. Akan dibalas oleh Allah dengan kebaikan-kebaikan,” ujar pengasuh Pondok Pesantren Nurus Siroj, Tritunggal, Babat, ini.

Sekedar informasi yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Bojonegoro, H. Munir, S.Ag., M.Ag.,bahwa travel umrah dan haji plus yang memiliki izin di Bojonegoro hanya ada dua travel. Salah satunya travel Elburdah Bariklana Tour atau PT. Bariklana Burdah Nusantara dengan izin SK Menteri Agama RI No. 02201034223730002 yang berkantor di Jl. Ahmad Yani No.33, Kp. Baru, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62115.

Hadir dalam acara tersebut Katib Syuriyah PCNU Bojonegoro Drs. KH. Hilmy Al Jumadi, M.Ag., Sekretaris Tanfidziyah PCNU Bojonegoro yang juga Ketua KBIHU Al Khur Sumberrejo, H. Suparno, ST., Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Timur, Dr. H. Abd. Haris, M.Ag., Kepala Seksi PHU Kanwil Kemenag Jawa Timur, H. Machsun Zain, S.Ag., M.Si., para kiai dan tokoh ormas, kepala KUA se Bojonegoro, pimpinan KBIHU se Bojonegoro, serta lainnya.

Laporan: Ahmad Abid Azis, Achmad Farid Ali Irsyadi I NUBC