Pagar Nusa Maduran dan Sekaran, Gelar Kejuaraan Joko Tingkir Gasmi Cup 2022

Pagar Nusa Maduran dan Sekaran, Gelar Kejuaraan Joko Tingkir Gasmi Cup 2022

Pagar Nusa yang lahir pada 3 Januari 1986 di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur, merupakan hasil inisiatif para ulama Ahlussunnah wal Jama’ah. Organisasi pencak silat NU pada tahun 1991 resmi menjadi badan otonom Nahdlatul Ulama.

Guna mewadahi prestasi para atlet pencak silat NU, Pengurus Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa Sekaran bersama PAC Pagar Nusa Maduran menggelar kejuaraan Joko Tingkir Gasmi Cup 2022, di gedung Arraudloh Convention Hall MWC NU Maduran, Sabtu-Ahad 12-13 November 2022.

Ketua Paguyuban GASMI Sekarmadu, Wahid Agus Setiawan menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini merupakan realisasi dari cita-cita para guru dan sesepuh Pagar Nusa untuk mengadakan kejuaraan di tingkat PAC (kecamatan). “Tentu, untuk menunjang prestasi dan mengasah kemampuan individu seluruh anggota Pagar Nusa,” katanya.

Bapak H. Moh. Agus S.Ag. Ketua Tanfidziyah MWC NU Maduran berbangga sekali bahwa Pagar Nusa GASMI sering menorehkan prestasi yang mengharumkan nama daerah, baik penghargaan di tingkat kejurkab (kabupaten) maupun kejurporv (provinsi).

“Kami selaku orang tua di MWC NU Maduran akan memberikan ruangan khusus bagi atlet-atlet pencak silat, inysa Allah setelah bangunan rampung lantai dua bisa digunakan untuk latihan pencak silat agar bisa fokus dan terus menorehkan prestasi,” ujarnya.

Pada pembukaan acara, kegiatan dihadiri oleh bapak Kapolsek Maduran AKP Heri, Ketua Tanfidziyah MWC NU Maduran Bapak H. Moh. Yusuf, S.Ag., Ketua Tanfidziyah MWC NU Sekaran Bapak Yusro, serta seluruh Banom NU dan sesepuh Pagar Nusa wilayah kecamatan Sekaran dan kecamatan Maduran. Turut hadir pula, Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPSPN NU Kabupaten Bojonegoro, Bapak Agus Imam Muhtashom.

Rencananya, kegiatan kejuaraan Gasmi Cup 2022 akan berlangsung selama dua hari dengan peserta dari seluruh Ranting serta Rayon se kecamatan Sekaran dan Maduran. Di samping memperebutkan piala juara, kegiatan ini juga dalam rangka menyiapkan para atlet untuk tampil di kejuaraan tingkat provinsi tahun depan.

Laporan: Achmad Farid Ali Irsyadi I NUBC