Labelisasi Masjid NU, Program Unggulan PC LTM NU Babat Raih Juara Terbaik Nominator PWNU Jatim Award 2023

Labelisasi Masjid NU, Program Unggulan PC LTM NU Babat Raih Juara Terbaik Nominator PWNU Jatim Award 2023

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) Babat berhasil menjadi juara terbaik nominator dalam perhelatan PWNU Jatim Award 2023. Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Ketua PWNU Jatim KH. Marzuki Mustamar, pada malam prosesi penganugerahan PWNU Jatim Award 2023 di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri. Sabtu, 18 Maret 2023.

Ketua PWNU Jatim KH. Marzuki Mustamar dalam sambutannya mengatakan, “Mungkin NU di Jawa Timur merupakan barometer NU nasional, karena kelengkapan administrasi, anggota, fasilitas, dan yang lainnya. Alhamdulillah, menurut yang saya tahu, seluruh MWC di Jawa Timur sudah mempunyai kantor, atau minimal sedang membangun kantor,” ujarnya disambut aplaus dari hadirin.

Kiai Marzuki menambahkan, PWNU Jatim Award merupakan ajang konsolidasi organisasi dari seluruh elemen NU wilayah Jawa Timur, “Penyelenggaraan PWNU Jatim Award semoga menjadi ajang silaturahmi dan konsolidasi bagi kita semua, agar NU di Jawa Timur semakin kuat. Juga, supaya jawa timur satu NU, satu hati, dan tidak ada perbedaan antara kita. Kalaupun ada musabaqah atau persaingan dalam perlombaan, itu hanya untuk saling menyemangati, tidak untuk tujuan lain,” tambahnya.

Salah satu program terbaik PC LTM NU Babat yang dipresentasikan adalah program labelisasi masjid NU yang ada di wilayah kerja PCNU Babat (12 kecamatan). Pentingnya sertifikat badan hukum dan papan nama bertulis NU di semua masjid milik warga NU menjadi fokus kerja PC LTMU NU Babat. Di samping untuk menyelamatkan aset NU, juga dalam rangka menangkal radikalisme masuk ke masjid-masjid NU.

Sebagai contoh yang telah dipalorkan ketua LTM MWC NU Babat Bapak Abdul Azis, S.Pd bahwa, 80 persen masjid yang ada di kecamatan Babat sudah bersertifikat Nahdlatul Ulama. “Sebagian besar juga sudah ada papan nama atau prasasti berupa cor yang menempel ke bangunan masjid, bertuliskan Masjid Nahdlatul Ulama,” tegasnya.

Laporan: Julio Renas Feba I NUBC