Kiai Marzuki Mustamar Resmikan Masjid Jami’ NU Nurul Huda Jugo Sekaran

Kiai Marzuki Mustamar Resmikan Masjid Jami’ NU Nurul Huda Jugo Sekaran

Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Jugo Sekaran sukses menggelar Tablig Akbar dalam rangka Istihlal dan Peresmian Masjid Jami’ NU Nurul Huda, Rabu, 2 Mei 2023.

Peresmian Masjid Jami’ NU Nurul Huda tersebut ditandai dengan pemukulan bedug dan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Ketua PWNU Jawa Timur, Dr. KH. Marzuqi Mustamar, M.Ag., setelah sebelumnya beliau memberikan ceramah agama dan memimpin doa.

Tampak hadir, Rais PCNU Babat KH. M. Mustaqim dan beberapa pengurus PCNU Babat, MWC NU Sekaran, FORKOPIMCAM Sekaran, pengurus PRNU Jugo dan Banom, Kepala Desa Jugo, serta masyarakat Jugo dan desa sekitar.

Acara tersebut juga mendapatkan dukungan dari beberapa ormas yang ada di desa Jugo, seperti Muhammadiyah dan LDII yang menyediakan lahan parkir dan bantuan keamanan, agar acara berjalan dengan kondusif.

Yang menarik, biaya pembangunan Masjid Jami’ NU Nurul Huda sebagian besar biaya pembangunannya mandiri dari seluruh warga NU desa Jugo. Sebagaimana pernyataan Bapak Muhammad Hamim, S.Pd., Ketua PRNU Jugo menjelaskan bahwa warga NU desa Jugo sangat bersemangat dan antusias dalam mensukseskan pembangunan.

“Alhamdulillah, warga NU Jugo telah berhasil membangun Masjid Jami’ Nurul Huda yang selesai pada 30 September 2022 dengan biaya hampir 6 miliar rupiah,” ujarnya.

Tambahan informasi, peresmian masjid ini merupakan salah satu program dari Lembaga Wakaf dan Pertanahan NU (LWPNU) Jawa Timur untuk menyelamatkan aset Nahdlatul Ulama. Sebagaimana program prioritasnya, LWPNU bertugas mengurus, mengelola, mengembangkan tanah dan bangunan serta harta benda wakaf lainnya milik Nahdlatul Ulama.

Laporan: Vivi Hidayatun Ni’mah I Kontributor NUBC