Liwetan Santri dan Doa Bersama, Menjadi Puncak Acara Peringatan Hari Santri Nasional RMI PCNU Babat

Liwetan Santri dan Doa Bersama, Menjadi Puncak Acara Peringatan Hari Santri Nasional RMI PCNU Babat

Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) PCNU Babat menetapkan hari Selasa, tanggal 24 Oktober 2023 sebagai puncak acara peringatan Hari Santri Nasional 2023 yang bertempat di Pondok Pesantren Nurus Siroj 2, Tritunggal, Babat.

Rapat pengurus harian yang diadakan pada Selasa tanggal 17 Oktober 2023 di PP Nurus Siroj 2 Tritunggal, Babat itu bertema; “Liwetan Santri dan Doa Bersama” juga memutuskan untuk mengundang pengasuh dan santri yang ada di sekitar daerah Babat.

“Selain jajaran pengurus Syuriyah dan Tanfidziyah PCNU Babat, kami akan mengundang semua pengurus RMI di 12 MWCNU (kecamatan) yang berada di wilayah kerja PCNU Babat, juga beberapa pengasuh sekaligus santri yang berada di sekitar daerah Babat,” tegas Gus Khotib Afandi, Ketua RMI PCNU Babat.

“Liwetan atau talaman (makan bersama dalam satu nampan) dipilih menjadi tema utama karena merupakan tradisi yang melekat kepada santri. Juga, harapannya, momentum Resolusi Jihad pada Hari Santri menginspirasi masyarakat umum yang hadir untuk “menjadi santri”, meneladani para pejuang, dan semangat cinta kepada bangsa dan tanah air,” tambahnya.

Tambahan informasi, menurut panitia lokal H. Suryo menambahkan bahwa lokasi PP Nurus Siroj yang menjadi acara Liwetan Santri dan Doa Bersama bisa menampung 1000 lebih jamaah, dan juga acara nanti bersamaan dengan rutinan Selapanan Majelis Taklim & Shalawat Ahbabul Musthafa Babat.

Laporan: Ahmad Farid Ali Irsyadi I NUBC