Tilawatil Qur’an & Shalawat Nabi Meriahkan Upacara Hari Santri NU Tritunggal

Tilawatil Qur’an & Shalawat Nabi Meriahkan Upacara Hari Santri NU Tritunggal

Hari Santri Nasional yang serentak diperingati tanggal 22 Oktober menjadi semangat Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Tritunggal Babat melaksanakan Apel Upacara Hari Santri di halaman MI Infarul Ghoy, Tritunggal, Babat, pada Ahad 22 Oktober 2023.

Upacara Hari Santri NU Tritunggal menjadi istimewa ketika upacara dikemas bernuasa santri dan diselipkan beberapa tradisi amaliyah khas santri, seperti tilawatil tilawatil Qur’an (pembacaan Al-Qur’an dengan tartil) oleh siswi SMP Cahaya Qur’an, shalawat bil qiyam yang dipimpin ISHARI Ranting Tritunggal, serta Janji Santri atau ikrar menjadi santri dibacakan oleh rekanita dari PR IPPNU Tritunggal.

Ust. Ali Zubaidi, ketua PRNU Tritunggal menyampaikan bahwa peserta upacara dihadiri oleh semua Pengurus Ranting NU Tritunggal baik dari jajaran Syuriyah atau Tanfidziyah, berikut semua banom dan lembaganya. Juga, seluruh lembaga yang berada di naungan LP Ma’arif NU Tritunggal mulai dari TK, MI, MTs, sampai tingkat MA (Aliyah).

“Jihad Santri Jayakan Negeri yang menjadi slogan Hari Santri Nasional 2023 semoga menjadi spirit bagi kami khususnya para santri untuk lebih maju, baik pemikiran dan keilmuannya. Tentu, juga semangat kebangsaan menjaga keutuhan dan kerukunan Negara Republik Indonesia,” katanya.

Ust. Ali menambahkan upacara Hari Santri NU Tritunggal memang dikemas dengan nuansa santri. Peserta upacara diharuskan menggunakan sarung (bagi laki-laki) dan busana muslim ala santri bagi peserta perempuan.

Juga, semua petugas dan pelaksanaan upacara tidak luput dari nuansa kaum sarungan. Seperti, Komandan upacara dipimpin Banser Tritunggal, Inspektur upacara dari jajaran Syuriyah NU Tritunggal, serta paduran suara dari PAR Fatayat NU Tritunggal. Acara semakin khidmah ketika doa penutupan dipimpin oleh Ketua Muslimat NU Tritunggal, Ibu Nyai Hj. Faridah Rohmawati.

Laporan: Muhammad Rosyid I NUBC