Ribuan Santri Padati Acara Liwetan Santri RMI PCNU Babat

Ribuan Santri Padati Acara Liwetan Santri RMI PCNU Babat

Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) PCNU Babat sukses menggelar acara puncak peringatan Hari Santri Nasional dengan teman; Liwetan Santri dan Doa Bersama di Pondok Pesantren Nurus Siroj 2 Al Futuhy, Tritunggal, Babat. Selasa, 24 Oktober 2023.

Acara Liwetan Santri bersamaan dengan Selapan Majelis Taklim & Shalawat Ahbabul Musthafa Babat yang diasuh oleh Al Habib Alwi bin Muhammad Assgaf. Selain jamaah rutinan selapan yang hadir, tamu kehormatan yang terlihat adalah Al Habib Sholeh bin Abu Bakar Al Hamid dan Al Habib Abdurahman bin Abu Bakar Al Hamid. 

Acara yang berada di halaman Pondok Pesantren Nurus Siroj 2 Al Futuhy itu juga dihadiri oleh Ketua PCNU Babat, KH. Ma’mun Afandi, jajaran Syuriyah PCNU Babat, beberapa ketua MWC NU berikut perwakilan RMI MWC NU 12 kecamatan yang berada di wilayah kerja PCNU Babat, pengurus Cabang RMI NU Babat, pengasuh sekaligus santri dari pesantren di sekitar Babat, serta masyarakat umum tumpah ruah memenuhi tempat yang disiapkan panitia.

Ketua RMI PCNU Babat Gus Khotib Afandi menyampaikan terima kasih dan berbahagia atas terlaksananya kegiatan, “Persiapan acara ini sangat singkat, hanya satu minggu lalu kami dari RMI PCNU Babat dan jamaah Selapan berikut teman-teman Ahbabul Musthofa melakukan rapat, alhamdulillah acara Liwetan Santri memperingati Hari Santri Nasional terlaksana dengan baik,” ucapnya.

“Liwetan Santri pada malam hari ini terkandung maksud acara Maulid Nabi Muhammad SAW, kirim doa syukur kepada santri dan pejuang yang telah merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Juga, doa bersama untuk saudara-saudara kita yang masih berjuang di Palestina. Semoga Allah selamatkan dan memudahkan mereka untuk meraih kemerdekaan. Amin…” tambahnya.

Senada, ketua PCNU Babat KH. Ma’mun Afandi sangat mengapresiasi kinerja dan kegiatan lembaga RMI PCNU Babat, secara khusus ia memuji, “Mungkin, RMI PCNU Babat satu-satunya pengurus cabang yang memperingatan Hari Santri Nasional 2023 dengan cara khas santri, yakni liwetan santri, tepuk tangan untuk RMI PCNU Babat” tegasnya disambut aplaos meriah dari seluruh hadirin.

Sekedar informasi, menurut Gus Khotib Ketua RMI PCNU Babat, Pondok Pesantren Nurus Siroj 2 Al Futuhy inysa Allah menjadi tempat rutin pelaksanaan Hari Santri Nasional setiap tahunnya. “Tentu, kami berharap lebih meriah dan semarak, serta jamaah yang hadir lebih banyak,” ucapnya.

Laporan: Ahmad Farid Ali Irsyadi I NUBC