Safari Ramadhan di Sekaran, PCNU Babat Sosialisasi IDN dan Dorong Miliki Klinik Kesehatan Nahdlatul Ulama

Safari Ramadhan di Sekaran, PCNU Babat Sosialisasi IDN dan Dorong kebangkitan Ekonomi Jamaah dan Jam’iyah

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Babat menyelenggarakan Safari Ramadhan 1445 H di 12 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU). 12 MWCNU itu yakni kecamatan Babat, Pucuk, Sukodadi, Sekaran, Maduran, Sugio, Modo, Kedungpring, Sambeng, Ngimbang, Sukorame, dan Bluluk.

Sosialisasi program sembako murah, peningkatan IDN dan mendorong MWCNU Sekaran untuk memiliki klinik kesehatan Nahdlatul Ulama, menjadi fokus PCNU Babat ketika Safari Ramadhan di kantor MWNU Sekaran, pada Kamis, 28 Maret 2024.

Ketua MWCNU Sekaran, Bapak H. Drs. Yurso, M.Pd. ketika memberikan sambutan menyampaikan bahwa pelaksanaan turba atau safari Ramadhan PCNU Babat tidak hanya silaturahmi dan konsolidasi organisasi, tapi juga sosialisasi program-program unggulan, termasuk penyediaan sembako murah.

“Sekedar informasi pembuka Safari Ramadhan kali ini, bahwa PC LPNU Babat membuat program baru sembako murah. Yakni, penyediaan beras kemasan 3 kilo dengan label PCNU Babat. Harapannya, bisa membantu perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Senada, Sekretaris PCNU Babat Bapak Heru Mudianto, S.Ag., M.Pd., dihadapan jajaran Pengurus MWCNU Sekaran dan seluruh Pengurus Ranting NU se kecamatan Sekaran mengatakan, pentingnya terus mengevaluasi manajemen organisasi dan mengupgrade potensi-potensi baru untuk masuk ke stuktural jam’iyah.

“MWCNU Sekaran ibarat grafik sudah di atas rata-rata, yang mana SDA dan SDM yang ada sangat luar biasa. Kami berharap terus ditingkatkan, salah satunya adalah potensi membangun klinik kesehatan Nahdlatul Ulama. Dalam dua tahun saya kira bisa,” katanya.

Selanjutnya, salah satu tim Safari Ramadhan Bapak H. Zainal Arifin, M.A. ketika memberikan pengarahan agar program IDN (Infaq Dana Nahdliyah) di kecamatan Sekaran terus ditingkatkan. Karena program kesehatan gratis bekerjasama dengan RSNU Babat ini benar-benar dirasakan warga NU.

Ia menambahkan bahwa warga NU di kecamatan Sekaran yang sudah mendaftar di IDN sampai hari ini sudah terdata 1.600 anggota. Harapannya, pada tahun 2024 kecamatan Sekaran mencapai target 2.000 anggota. Tentu, menjadi contoh bagi MWCNU yang lain.

Pada akhir kegiatan Safari Ramadhan, acara ditutupk dengan pembacaan doa dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Laporan: Muhammad Rosyid I NUBC