Peringati Harlah ke-74, PC Fatayat NU Babat Gelar Halal Bihalal dan Bentuk Kepengurusan Ikatan Hafizah

Peringati Harlah ke-74, PC Fatayat NU Babat Gelar Halal Bihalal dan Bentuk Kepengurusan Ikatan Hafizah

Memperingati Harlah Fatayat NU ke-74, Pengurus Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Babat menggelar Halal Bihalal sekaligus membentuk kepengurusan Ikatan Hafidzah Fatayat (IHF) pada Kamis, 23 Mei 2024 di Pendopo Star Nine, Tritunggal, Babat.

Hadir dalam kegiatan ini 100 anggota Fatayat yang terdiri dari jajaran pengurus cabang, dewan pembina, dan perwakilan dari 12 Pengurus Anak Cabang (PAC) se wilayah kerja PCNU Babat.

Dari jam 06.00 WIB pagi, acara dibuka dengan Khatmil Qur’an oleh para hafizah PC Fatayat NU Babat. Setelah itu, dilanjutkan pelaksanaan seremonial pembukaan yang diawali dengan potong tumpeng oleh Ketua PC Fatayat NU Babat, Sahabat Uswatun Hasanah, M.Pd..

Dalam sambutannya, Sahabat Uswatun Hasanah menyampaikan bahwa peringatan Harlah Fatayat ke-74 merupakan momentum bagi Fatayat di seluruh Indonesia, untuk terus bisa introspeksi dan meningkatkan semangat berorganisasi di NU.

“74 tahun adalah usia yang matang bagi sebuah organisasi untuk menanamkan loyalitas dan solidaritas, serta mempersiapkan generasi penerus yang berkualitas. Tentu, banyak hal yang perlu kita benahi untuk bisa pantas berada di rumah besar Nahdlatul Ulama. Semoga semua ikhtiar dan khidmat kita hingga hari ini, bisa menjadikan Fatayat tetap eksis ila yaumil qiyamah. Amin,” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan mauidhah hasanah oleh Pembina PC Fatayat NU Babat, Ibu Nyai Nurus Sa’adah dari PP Cahaya Qur’an, Tritunggal. Ia menekankan pentingnya menjaga dan menata niat ketika masuk dalam organisasi Nahdlatul Ulama.

“Ikut dalam organisasi Fatayat NU jangan sampai kita punya tujuan yang macem-macem atau neko-neko. Diniatkan saja ngalap barokah dari para masyayikh dan pendiri NU,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa istihlal (saling memaafkan) tidak hanya terbatas di bulan Syawal saja, akan tetapi setiap hari perlu beristihlal. Apalagi, ketika berorganisasi dan bersosialisasi dengan banyak orang. Karena tidak dipungkiri, dalam setiap interaksi sosial akan muncul rasa kecewa, marah, dan membuat orang lain tersinggung dengan tanpa kita sadari.

Di akhir acara, PC Fatayat NU Babat membentuk kepengurusan kepengurusan IHF (Ikatan Hafizah Fatayat), dan Sahabat Mahfudloh dari Siman, Sekaran dipercaya menjadi koordinator.

Sebelum rangkaian acara ditutup doa oleh Ibu Nyai Aminah dan Ibu Nyai Faridah Makmun Afandi, semua anggota Fatayat yang hadir menikmati parade puisi bertema perempuan hasil karya kader-kader Fatayat NU Babat. Riuh sorak dan aplaus mencairkan suasana, ketika suara lantang dan ekspresi penghayatan pembacaan puisi mengundang decak kagum.

Laporan: Endang Afrianti I Fatayat NU Babat