Siapkan Relawan Handal untuk Lembaga Pendidikan, PAC IPNU IPPNU Sekaran Gelar Training of Facilitator

Siapkan Relawan Handal untuk Lembaga Pendidikan, PAC IPNU IPPNU Sekaran Gelar Training of Facilitator

Training of Facilitator (ToF) di Aula MI Ma’arif NU Miru I Foto: PAC IPNU IPPNU Sekaran

Komitmen mendukung dunia pendidikan, Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sekaran menggelar Training of Facilitator (ToF), selama dua hari yang bertempat di aula MI Ma’arif NU Miru, Sekaran. Selasa, (24/6/24).

Tujuan utama kegiatan ini adalah mempersiapkan relawan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang handal dan siap diterjunkan ke lembaga pendidikan di wilayah kecamatan Sekaran. Sesuai dengan misi PAC IPNU IPPNU Sekaran yang berkomitmen mengawal rekan dan rekanita di sekolah.

Ketua IPPNU Sekaran, Rekanita Ika Haniyah Dian N., menyatakan bahwa pelatihan ini bukan hanya sekadar kegiatan pengkaderan nonformal, tetapi merupakan langkah strategis untuk menciptakan fasilitator yang kompeten.

“Relawan MPLS memiliki peran penting dalam membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Kami ingin memastikan bahwa setiap fasilitator siap menjalankan tugas dengan profesionalitas tinggi,” ujarnya.

“Juga, kami PAC IPNU IPPNU Sekaran siap menghadirkan generasi baru yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berkarakter,” tambahnya.

Gayung bersambut, Ketua MWCNU Sekaran, Bapak Drs. H. Yusro M.Pd.  ketika sambutannya menambahkan bahwa pelaksaan ToF merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kalangan pelajar.

“Kami percaya bahwa dengan pelatihan yang tepat, para fasilitator ini tidak hanya akan membantu siswa baru, tetapi juga menjadi agen perubahan yang positif di sekolah, terutama pendidikan Ma’arif NU yang ada di kecamatan Sekaran,” ungkapnya.

Selanjutnya, para peserta ToF nantinya akan diterjunkan ke berbagai sekolah di Kecamatan Sekaran pada awal tahun ajaran baru. Mereka diharapkan dapat menciptakan suasana yang hangat dan nyaman bagi siswa baru, sehingga proses adaptasi bisa berjalan lancar.

Selain itu, yang lebih penting adalah mereka juga akan membantu menyosialisasikan nilai-nilai positif dan semangat belajar di kalangan siswa baru, utamanya mengenalkan IPNU IPPNU di sekolah.

Keberhasilan pelaksanaan Training of Facilitator ini, bisa dimaknai bahwa PAC IPNU IPPNU Sekaran telah menunjukkan dedikasi mendukung dunia pendidikan. Relawan MPLS yang telah dilatih diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dan inspiratif, sehingga menjadi teladan bagi para pelajar NU lainnya.

Laporan: Restu Syamsariatullah I PAC IPNU Sekaran