Ratusan Santri Ponpes Sunan Santri Al Ikhlas Ikut Makesta

Ratusan Santri Ponpes Sunan Santri Al Ikhlas Ikut Makesta

Foto Bersama saat Pembukaan Makesta I Foto: Media MWCNU Babat

Demi tumbuhnya semangat kebangsaan dan kesetiaan kepada nilai-nilai spiritual keagamaan para pelajar, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) menggelar kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) bersama 106 santri Ponpes Sunan Santri Al Ikhlas Gendongkulon, Babat.

Acara yang berlangsung selama tiga hari tanggal 2-4 Juli itu merupakan program wajib dan gerbang awal yang harus dilewati oleh calon IPNU dan IPPNU sebelum dinyatakan sah menjadi anggota.

Pelaksaan Makesta dengan ratusan peserta membuat PAC IPNU IPPNU Babat harus kerja ekstra. Sebagaimana disampaikan Ketua PAC IPPNU Babat, Rekanita Fellicya yang sibuk memberikan intruksi kepada tim kaderisasi di lapangan.

“Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar, walaupun mengawal Makesta dengan ratusan peserta harus dengan tenaga dobel dan perencanaan yang amat matang. Karena, pelaksanaan kaderisasi sesuai buku panduan di IPNU IPPNU, harus berjalan maksimal” katanya.

Kalaupun pelaksanaan Makesta di pesantren pertama kali bagi kepengurusan PAC IPNU IPPNU Babat periode ini, tidak menjadi kendala berarti dan bisa beradaptasi dengan cepat karena banyak dari anggota IPPNU dan IPPNU merupakan alumnus pesantren.

Kegiatan Makesta menjadi lebih ringan ketika 52 komandan alumni Diklatama IX dengan komando Komandan Niam dan Komandan Putri, turut andil menyukseskan acara. Bantuan itu tidak lain karena pengawalan Makesta, juga merupakan salah satu program CBP KPP IPNU IPPNU Babat.

Laporan: Shihabuddin Achmad I Media MWCNU Babat