Tancap Gas Usai Dilantik, PAC GP Ansor Sambeng Teken MoU Penanganan Sampah

Tancap Gas Usai Dilantik, PAC GP Ansor Sambeng Teken MoU Penanganan Sampah

Foto Bersama Usai Pelantikan I Foto: PAC GP Ansor Sambeng

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sambeng masa khidmat 2024-2027 resmi dilantik. Acara di Pendopo kecamatan Sambeng ini adalah momentum GP Ansor Sambeng memperkuat organisasi dalam membangun masyarakat yang lebih baik. Jum’at, 13 Juli 2024.

Turut hadir dalam pelantikan, Bupati Lamongan Bapak Dr. H. Yuhronur Efendi M.B.A., Forkopimcam, keluarga besar MWCNU Sambeng yang dikomandoi oleh Bapak H. Sutikno, Ketua PC GP Ansor Lamongan, Sahabat Muhammad Muhlisin, tokoh agama, dan seluruh anggota Ansor se kecamatan Sambeng.

Ketua GP Ansor terpilih, Sahabat Firdaus Anas saat sambutan mengingatkan, bahwa seluruh anggotanya harus fokus pada peningkatan kualitas diri.

“Kita harus punya niat untuk memperbaiki diri melalui Ansor, bukan niat atau keinginan memperbaiki Ansor. Karena organisasi ini sudah ada sejak tahun 1934 dan tetap eksis hingga sekarang,” tegasnya.

Bupati Lamongan Bapak Dr. H. Yuhronur Efendi M.B.A., dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada GP Ansor Sambeng terpilih, ia berharap GP Ansor Sambeng akan terus berkontribusi dan berperan aktif bersama pemerintah dalam memajukan daerah.

Selain itu, Ketua MWCNU Sambeng, Bapak H. Sutikno memberikan gambaran peran penting gerakan Ansor di Sambeng.

“GP Ansor mempunyai pengaruh luar biasa di Sambeng, terkhusus bagi kalangan pemuda. Kalau Ansornya bergerak, Sambeng ikut bergerak. Tapi kalau Ansor tidak bergerak, Sambeng pun ikut tidak kemana-mana,” katanya.

Bapak H. Sutikno juga menekankan pentingnya tetap berada di jalan Ahlussunnah wal Jamaah. Dalam artian, semua tindakan dan program yang dijalankan GP Ansor harus berlandaskan ajaran dan nilai-nilai Islam moderat, rahmatan lil alamin, di bawah panji Nahdlatul Ulama.

Teken MoU Penanganan Sampah

Yang menarik, ketika pelantikan adalah pengumuman bahwa GP Ansor Sambeng telah meneken kontrak kerjasama dengan salah satu Badan Usaha kabupaten Jombang terkait penanganan sampah. Dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang disepakati, sampah di Sambeng akan dikelola dengan sistem dan teknologi modern.

Kerjasama ini diharapkan memberikan dampak positif, salah satunya jumlah sampah dapat berkurang secara signifikan. Selain itu, masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

Laporan: Mousta’in I PAC Ansor Sambeng